5 Tips Mengelola Keuangan Dibulan Ramadan

Dwindo.id – Ramadan sudah tiba. Meski saat ini perekonomian makro sedang tidak terlalu baik, Ramadan tetap bisa berjalan dengan baik. Siapkanlah hati , fisik dan mental agar bulan puasa tetap bisa menjalani dengan sempurna

Kita juga harus membuat perencanaan keuangan selama bulan suci ini. Meski satu bulan kedepan kita akan jarang makan karena berpuasa, tapi bukan berarti pengeluaran tidak ada. Beberapa orang justru pengeluarannya membengkak selama bulan Puasa. Oleh karena itu, anda perlu mengatur keuangan dengan baik dibulan Ramadan ini.

Selain itu, ada juga perencanaan pengeluaran khusus untuk persiapan lebaran. Daftar pengeluaran akan banyak berubah dibandingkan bulan bulan biasa. Berikut ini 7 Tips Mengelola Keuangan Dibulan Ramadan

  1. Menjaga Saldo Keuangan

Berapa saldo keuangan mu? Ya itu yang menjadi acuan kita untuk mengatur keuangan pada bulana Ramadan ini. Dengan mengetahui isi saldo keuangan, kita bisa menentukan apa saja yang kita butuhkan untuk menjalani Bulan Ramadan.

Bila setelah hitung saldo tidak akan mencukupi, untuk menyiapkan kebutuhan. Gunakan waktu yang tersisa untuk membuatnya bertambah bagaimana caranya?? Coba Cek <Mempersiapkan Dana Untuk Ramadan>

  1. Buat List Kebutuhan

Sebelum Ramadan tiba, anda harus membuat list yang jelas untuk menentukan kebutuhan dalam mengalokasikan saldo keuangan anda. Pisahkan uang untuk sahur dan berbuka

Buatlah anggaran yang tidak berlebihan dan sesuai, tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar. Buat semuanya sesuai dengan kemampuan mu.

  1. Buatlah Daftar pengeluaran di Hari Raya

Hal yang terjadi selama bulan Ramadan adalah harga bahan pokok yang meningkat

(Baca Juga : Menjelang Ramadan, Harga Kebutuhan Melonjak Naik) . Anda perlu memperhatikan pengeluaran anda untuk hal yang satu ini.

Selain itu, perlu diperhatikan pula  biaya untuk membeli hadiah untuk sanak saudara, membeli baju baru serta kudapan khas lebaran dan biaya untuk mudik kekampung halaman. Jangan lupa sisihkan uang untuk berzakat. Karena masih banyak yang membutuhkan bantuan anda.

  1. Membuat Daftar Pengeluaran Setiap Hari

Membuat daftar pengeluaran setiap hari perlu dilakukan untuk mengetahui , berapa uang yang anda keluarkan selama satu hari. Daftar ini dapat dipakai untuk mengontrol diri untuk terus berhemat dan mengeluarkan uang seperlunya saja.

Selain itu juga, dengan membuat daftar pengeluaran keuangan anda akan jauh lebih teratur dan berhemat karena selalu tahu berapa banyak uang yang anda keluarkan.

  1. Jangan Boros

Tujuan kita berpuasa adalah untuk menahan hawa nafsu. Momen ini juga menjadi , momen utnuk kita mengubah kebiasaan buruk kita yang boros. Caranya dengan tetap konsisten untuk Save selama kira-kira 21 hari saja, pada hari ke 22 biasanya kita sudah berubah.Maka dari itu, niatkan selama puasa dibulan Ramadan, untuk benar benar menahan diri dari godaan. Baik godaan makanan, berbelanja dan psikis.

Cobalah untuk melakukan wuquf (stop and think) , setiap untuk akan berlaku boros. Misalnya saja , ketika akan membeli barang yang berlebihan, ambilah waktu untuk merenung atau berfikir sebentar “apakah barang/benda ini betul-betul kalian perlukan atau untuk menuruti hawa nafsu saja?”

Inilah kelima tips untuk mengelola keuangan anda di bulan Ramadan ini. Semoga bermanfaat, Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *